Lurah Maradekaya Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional

INILAHINDONESIA.COM, TAKALAR – Lurah Maradaekay Hamsahari,S,Ip menghadiri kegiatan upacara mengenang kembali sejarah dua pahlawan Nasional putra Takalar. Alm. Ranggong Daeng Romo dan Alm. H. Padjonga Dg. Ngalle, di lapangan upacara Kantor Bupati Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Selasa 28/02/ 2023 pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg, dan dihadiri oleh Dewan Pendiri dan Pengurus Lembaga Pusaka Dan Sejarah Lipang Bajeng (Laskar Lipang Bajeng) anggota Forkopimda Takalar, Sekretaris Daerah Takalar, Kalapas Takalar,  Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Takalar, Ketua LVRI Takalar bersama anggota, dan para Keluarga Pejuang.

Dalam sambutan tertulisnya, Pj. Bupati Takalar menyampaikan bahwa kedua tokoh ini telah dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh presiden setelah keduanya mencatatkan namanya dalam tinta emas sejarah perjuangan bangsa dan telah termaktub sebaga pejuang, sebagai patriot, menegakkan dan membela kemerdekaan bangsa Indonesia. Dua tokoh ini adalah nasionalis sejati yang tidak diragukan lagi kecintaannya kepada NKRI.

Bacaan Lainnya

“Tanggung jawab kita sekarang adalah melestarikan semangat nasionalisme ini kepada diri kita, kepada generasi masa depan sebagai pelanjut eksistensi bangsa. Bukan hanya jiwa nasionalisme, tapi juga jiwa sosial, telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong Dg. Romo yang kita kenal sangat konsisten dalam memperjuangkan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik” jelasnya.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Polongbangkeng dan Makam Pahlawan Nasional H. Padjonga Dg. Ngalle.

Lurah Maraddkaya Hamsahari s,Ip menjelasakn bahwa Mengenang Hari Gugurnya Pahlawan Nasional asal Takalar Sulawesi Selatan  Dewan Pendiri dan Pengurus Lembaga Pusaka Dan Sejarah Lipang Bajeng (Laskar Lilang Bajeng) juga mengahadiri Tabur Bunga atau ziarah ke Makam Ranggong Daeng Romo ( Panglima LAPRIS) di Tamam Makam Pahlawan Polongbangkeng Takalar

28 Pebruari 1947-28 Pebruari 2023
[ Bismillahirrahmanirrahim

RANGGONG DAENG ROMO
“lappasangmi Andi
gannakmi pappadongkokna Allah Ta’ala ri Nakke
tenamo Takammangku
pattulusuki perjuanganga”

(Biarkanlah adik sdh sampai disini umur yg ditetapkan  Allah SWT kepadaku teruskanlah perjuangan)

Kata2 terakhir yg diucapkan seorang Kesatria sejati Panglima Besar Laskar Pemberontak Republik Indonesia Sulawesi (LAPRIS) Ranggong Daeng Romo (Karaeng Romo) ketika peluru senjata Belanda bersarang ditubuhnya, tepat di Hari Jum’at tgl 28 Pebruari 1947 di Markas besar LAPRIS Gunung Langgese, 76 Tahun yg lalu Gugur Pahlawan Kesuma Bangsa.

Al-fatihah buat beliau Pahlawan Nasional Indonesia Asal Takalar, lahir di Bone-Bone Kelurahan Maradekaya (Bate Moncongkomba) Kec. Pattallassang (Distrik Polongbangkeng), Tahun 1915

Bukkuru Tanikadona Moncongkomba

(Ardi Kulle,Tim red)

Pos terkait