Pj.Bupati Takalar Resmikan Festival Bulan Bahasa dan Sastra

INILAHINDONESIA.COM, TAKALAR – Kegiatan Festival Bulan Bahasa dan Sastra dilaksanakan selain untuk melestarikan bahasa indonesia juga untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada bulan oktober yaitu Sumpah Pemuda, ujar Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg dalam meresmikan festival tersebut di Gedung Perpustakaan Kab. Takalar, Rabu 25 Oktober 2023.

Kegiatan ini mengangkat tema “Literasi dalam Kebhinekaan Menuju Takalar Tangguh”.

Pj. Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa negara dan bahasa pemersatu bangsa sebagaimana tertuang dalam sumpah pemuda “Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku Berbahasa satu yaitu bahasa Indonesia”.

Bacaan Lainnya

Lanjut dikatakan Sumpah pemuda ini diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 sekaligus sebagai penetapan bahasa pemersatu yaitu bahasa indonesia. Itulah sebabnya setiap tahunnya dibulan oktober diperingati sebagai bulan bahasa.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini para guru dan murid dapat meningkatkan kemampuan literasinya dengan mengembangkan kompetensi murid dalam bidang bahasa dan sastra indonesia selain itu, murid juga diharapkan mampu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar dengan memahami EYD edisi V melalui lomba peningkatan satu EYD” Harap Dr. Setiawan.

Sementara itu ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru bahasa indonesia ditingkat SMP melalui penyusunan buku antologi puisi dan pidato serta pembuatan konten kreatif tentang penggunaan EYD.

Dilaporkan pula, bulan oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia dan setiap tahun momen ini diperingati dengan berbagai acara bertajuk bahasa dan sastra yang tujuannya memaksimalkan penggunaan bahasa Indonesia.

Berbagai kegiatan dilaksanakan seperti
Lomba pidato, lomba baca puisi, lomba mendongeng legenda nusantara, lomba peringkat satu EYD, penulisan buku antopologi puisi dan pidato untuk guru bahasa indonesia tingkat SMP Kab. Takalar.

Turut hadir dalam festival tersebut Kadis pendidikan dan kebudayaan Kab. Takalar, Kadis Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Takalar, para Kepala Sekolah dan perwakilan siswa-siswi tingkat SMP Kab. Takalar.

 

(Arkul,/tim red)

Pos terkait